Selasa, 01 Mei 2012

Layanan Konsultasi


Layanan konsultasi
2.2.1.    Kedudukan   Layanan   Konsultasi   Dalam   Bimbingan   dan   Konseling
Pola-17 Plus
Sejak   tahun   1993   penyelenggaraan     pelayanan    Bimbingan     dan  Konseling
(BK) memperoleh perbendaharaan istilah baru yaitu BK Pola-17. Hal ini memberi
warna tersendiri bagi arah bidang, jenis layanan dan kegiatan pendukung BK di
jajaran   pendidikan    dasar   dan  menengah.     Pada   Abad    ke-21,  BK    Pola  17   itu
berkembang   menjadi BK   Pola-17   Plus.   Kegiatan   BK   ini   mengacu   pada   sasaran
pelayanan yang lebih luas, diantaranya mencakup semua peserta didik dan warga
masyarakat.
Layanan   konsultasi   merupakan   salah   satu   jenis   layanan   dari   BK   Pola-17
Plus.    Layanan     konsultasi    dan   layanan    mediasi    merupakan      layanan    hasil
pengembangan dari BK Pola 17 Plus. Dengan adanya pengembangan layanan ini,
maka   layanan   konsultasi   dan   layanan   mediasi   secara   otomatis   menjadi   bidang
tugas konselor dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling, khususnya pelayanan
BK di sekolah.
Menurut   Prayitno   (2004:   i-ii)   butir-butir   pokok   BK   Pola-17  Plus  adalah
sebagai berikut:
A.  Keterpaduan mantap tentang pengertian, tujuan, fungsi, prinsip dan
asas, serta landasan BK
B.  Bidang Pelayanan BK, meliputi:
B.1.  Bidang pengembangan pribadi
B.2.  Bidang pengembangan sosial
B.3.  Bidang pengembangan kegiatan belajar
B.4.  Bidang pengembangan karir
B.5.  Bidang pengembangan kehidupan berkarya
B.6.  Bidang pengembangan kehidupan keberagamaan
C.  Jenis layanan BK, meliputi:
L.1.  Layanan Orientasi
L.2.  Layanan Informasi
L.3.  Layanan Penempatan dan Penyaluran
L.4.  Layanan Penguasaan Konten
L.5.  Layanan Konseling Perorangan
L.6.  Layanan Bimbingan Kelompok
L.7.  Layanan Konseling Kelompok
L.8.  Layanan Konsultasi
L.9.  Layanan Mediasi
D.   Kegiatan pendukung BK, meliputi:
P.1.  Aplikasi Instrumentasi
P.2.  Himpunan Data
P.3.  Konferensi Kasus
P.4.  Kunjungan Rumah
P.5.  Alih Tangan Kasus
E.  Format pelayanan:
1.  Format Individual
2.  Format Kelompok
3.  Format Klasikal
4.  Format Lapangan
5.  Format ”Politik”
Melihat     uraian   tentang   BK    Pola-17  Plus,    pada   penelitian   ini  hanya
membatasi sesuai dengan judul penelitian. Peneliti hanya menguraikan salah satu
jenis layanan BK yaitu layanan konsultasi.
2.2.2.    Pengertian Layanan Konsultasi BK
Menurut   Prayitno   (2004:   1),   ”layanan konsultasi   adalah   layanan   konseling
oleh    konselor    terhadap   pelanggan     (konsulti)  yang    memungkinkan       konsulti
memperoleh       wawasan,    pemahaman      dan   cara  yang   perlu  dilaksanakan    untuk
menangani masalah pihak ketiga”. Konsultasi pada dasarnya dilaksanakan secara
perorangan dalam format tatap muka antara konselor (sebagai konsultan) dengan
konsulti. Konsultasi dapat juga dilakukan terhadap dua orang konsulti atau lebih
kalau konsulti- konsulti itu menghendakinya.
Menurut   Badan   Standar   Nasional   Pendidikan   (2006:   6)   dijelaskan   bahwa
”layanan   konsultasi   yaitu   layanan   yang   membantu   peserta   didik   dan   atau   pihak
lain    dalam    memperoleh       wawasan,     pemahaman,       dan   cara-cara    yang    perlu
dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik”.
Dalam   program   bimbingan   di   sekolah,   Brow   dkk   (dalam   Marsudi,   2003:
124)   menegaskan   bahwa   ’konsultasi   itu bukan   konseling   atau   psikoterapi   sebab
konsultasi     tidak  merupakan      layanan    yang   langsung     ditujukan   kepada     siswa
(klien),   tetapi   secara   tidak   langsung    melayani    siswa    melalui   bantuan    yang
diberikan oleh orang lain’.
Layanan konsultasi juga didefinisikan bantuan dari konselor ke klien dimana
konselor sebagai konsultan dan klien sebagai konsulti, membahas tentang masalah
pihak     ketiga.   Pihak    ketiga   yang    dibicarakan     adalah    orang    yang    merasa
dipertanggungjawabkan          konsulti,    misalnya     anak,   murid     atau   orangtuanya.
Bantuan      yang   diberikan    untuk    memandirikan       konsulti   sehingga    ia  mampu
menghadapi         pihak     ketiga     yang      dipermasalahkannya          (http://konseling
indonesia.com).
Dari    beberapa     pengertian,    dapat   disimpulkan      penulis   bahwa     layanan
konsultasi    adalah    layanan   konseling    oleh   konselor    sebagai   konsultan    kepada
konsulti   dengan   tujuan   memperoleh   wawasan,   pemahaman,   dan   cara-cara   yang
perlu   dilaksanakan   konsulti   dalam   rangka   membantu   terselesaikannya   masalah
yang   dialami   pihak   ketiga   (konseli   yang   bermasalah).   Pada   layanan   konsultasi,
dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap konsultasi yang dilakukan oleh konselor
kepada     konsulti,  dan   tahap   penanganan     yang   dilakukan    oleh   konsulti   kepada
konseli/pihak      ketiga.  Maka     petugas    pada   tahap   konsultasi    adalah   konselor,
sedangkan petugas pada tahap penanganan adalah konsulti.
2.2.3.    Tujuan Layanan Konsultasi BK
Pada   dasarnya   setiap   kegiatan   tidak   akan   terlepas   dari   tujuan   yang   ingin
dicapai.    ”Tujuan     diberikannya     bantuan    yaitu   supaya    orang-perorangan       atau
kelompok       orang    yang    dilayani   menjadi     mampu      menghadapi      semua     tugas
perkembangan   hidupnya   secara   sadar   dan   bebas”   (Winkel,   2005:   32).   Layanan
konsultasi merupakan bagian dari layanan Bimbingan dan Konseling, maka tujuan
dari layanan ini sepenuhnya akan mendukung dari tercapainya tujuan BK.
Fullmer   dan   Bernard   (dalam  Marsudi,   2003:   124-125)   merumuskan   tujuan
layanan   konsultasi   sebagai   bagian   tujuan   bimbingan   di   sekolah   adalah   sebagai
berikut:
(1) Mengambangkan   dan          menyempurnakan   lingkungan   belajar   bagi
siswa, orang tua, dan administrator sekolah.
(2) Menyempurnakan komunikasi   dengan   mengembangkan   informasi
di antara orang yang penting.
(3) Mengajak      bersama     pribadi   yang   memiliki     peranan    dan   fungsi
bermacam-macam untuk menyempurnakan lingkungan belajar.
(4) Memperluas layanan dari para ahli.
(5) Memperluas layanan pendidikan dari guru dan administrator.
(6) Membantu orang lain bagaimana belajar tentang perilaku.
(7) Menciptakan       suatu    lingkungan     yang    berisi  semua     komponen
lingkungan belajar yang baik.
(8) Menggerakkan organisasi yang mandiri.

Tujuan layanan konsultasi sebagaimana dikemukakan oleh Prayitno (2004:
2) adalah:
(1) Tujuan umum
Layanan konsultasi bertujuan agar konsulti dengan kemampuannya
sendiri    dapat   menangani      kondisi   dan   atau   permasalahan      yang
dialami     pihak   ketiga.  Dalam     hal  ini  pihak   ketiga   mempunyai
hubungan        yang    cukup     berarti    dengan      konsulti,    sehingga
permasalahan       yang    dialami    oleh   pihak   ketiga   itu   setidaknya
sebahagian menjadi tanggung jawab konsulti.
(2) Tujuan khusus
Kemampuan          sendiri   yang    dimaksudkan       diatas    dapat   berupa
wawasan,       pemahaman        dan    cara-cara    bertindak     yang    terkait
langsung dengan suasana dan   atau permasalahan pihak terkait itu
(fungsi pemahaman). Dengan kemampuan sendiri itu konsulti akan
melakukan sesuatu (sebagai bentuk langsung dari hasil konsultasi)
terhadap   pihak   ketiga.   Dalam   kaitan   ini,   proses   konsultasi   yang
dilakukan   konselor   di   sisi   yang   pertama,   dan   proses   pemberian
bantuan     atau   tindakan    konsulti   terhadap   pihak    ketiga  pada    sisi
yang kedua, bermaksud mengentaskan masalah yang dialami pihak
ketiga (fungsi pengentasan).
Demikian       juga   Dougherty      (dalam    Sciarra,   2004:    55)   mengungkapkan
’tujuan konsultasi, yaitu : (1) The goal of all consulting is to solve problems (2)
Another goal of consulting is to improve the consultee’s work with the client and,
in   turn,   improve   the   welfare   of   the   clien’.   Dari   ungkapan   tersebut   dijelaskan
bahwa      tujuan    konsultasi    adalah    mengatasi      masalah     dan   konsultasi     untuk
meningkatkan        kerja   konsulti   kepada     konseli   yang    pada    akhirnya    mencapai
kesejahteraan konseli.
2.2.4.     Komponen Layanan Konsultasi BK
Dari definisi layanan konsultasi, dijelaskan bahwa dalam proses konsultasi
akan melibatkan tiga pihak, yaitu konselor, konsulti, dan pihak ketiga/konseli. Hal
ini seperti pendapat Dougherty (dalam Sciarra, 2004: 55)  ’consulting is tripartite:
it   involves   a   consultant,   a   consultee,   and   a   client’  (Berkonsultasi   meliputi   tiga
pihak yaitu melibatkan seorang konsultan, konsulti, dan konseli). Ketiga pihak ini
disebut     sebagai    komponen       layanan     konsultasi.    Ketiga    komponen       layanan
konsultasi     tersebut   menjadi    syarat   untuk   menyelenggarakan        kegiatan   layanan.
Dijelaskan oleh Prayitno (2004: 3-4), bahwa:
Konselor     adalah   tenaga    ahli  konseling    yang   memiliki    kewenangan
melakukan       pelayanan    konseling     pada   bidang    tugas    pekerjaannya.
Sesuai     dengan     keahliannya,     konselor     melakukan      berbagai     jenis
layanan   konseling,   salah   satu   diantaranya   adalah   layanan   konsultasi;
Konsulti adalah individu yang meminta bantuan kepada konselor agar
dirinya mampu menangani kondisi dan atau permasalahan pihak ketiga
yang     (setidak-tidaknya      sebahagian)     menjadi     tanggung     jawabnya.
Bantuan     itu  diminta    dari  konselor    karena    konsulti   belum    mampu
menangani      situasi   dan   atau  permasalahan      pihak    ketiga   itu;  Pihak
ketiga adalah individu (atau individu-individu) yang kondisi dan atau
permasalahannya         dipersoalkan     oleh    konsulti.    Menurut      konsulti,
kondisi/    permasalahan      pihak   ketiga   itu  perlu  diatasi,   dan  konsulti
merasa        (setidak-tidaknya        ikut)     bertanggung         jawab      atas
pengentasannya.
Marsudi       (2003:    124-125)      menyebutkan        bahwa      layanan     konsultasi
mengandung beberapa aspek, yaitu:
(1) Konsultan,      yaitu  seseorang    yang   secara   profesional    mempunyai
kewenangan       untuk    memberikan      bantuan    kepada    konsulti   dalam
upaya mengatasi masalah klien.
(2) Konsulti,     yaitu   pribadi   atau   seorang     profesional    yang    secara
langsung memberikan bantuan pemecahan masalah terhadap klien.
(3) Klien,    yaitu   pribadi   atau   organisasi    tertentu   yang   mempunyai
masalah.
(4) Konsultasi      merupakan     proses    pemberian     bantuan    dalam    upaya
mengatasi masalah klien secara tidak langsung.

Dalam   layanan   konsultasi   ini   dapat   diperjelas   bahwa   penanganan   masalah
yang     dialami   konseli    (pihak   ketiga)   dilakukan    oleh   konsulti.   Konsulti    akan
dikembangkan         kemampuannya         oleh    konselor     pada    saat   tahap    konsultasi
berlangsung,       yaitu   mengembangkan          pada    diri  konsulti    tentang    wawasan,
pengetahuan,   keterampilan,   nilai,   dan   sikap.   Akhir   proses   konsultasi   ini   adalah
konselor menganggap bahwa konsulti mampu membantu menangani kondisi atau
permasalahan pihak ketiga yang setidaknya menjadi tanggung jawabnya.
Konsulti adalah orang yang ikut bertanggung jawab terhadap masalah yang
dialami     pihak   ketiga.   Misalnya     orang   tua,  guru,   kepala    sekolah,   kakak,    dan
sebagainya.      Seorang    konsulti   harus   bersedia    membantu      penyelesaian     masalah
pihak ketiga. Menurut Sciarra (2004: 55) “also, collaboration between consultant
and   consultee   is   especially   important   in   the   school   setting   because   it   eases   the
burden on the consultant” (kerjasama antara konsultan dan konsulti menjadi yang
terpenting di sekolah sebab dapat meringankan beban konsultan).
2.2.5.     Asas Layanan Konsultasi BK
Munro,   dkk   (dalam   Prayitno,   2004:   5)   menyebutkan   ’ada   tiga   etika   dasar
konseling     yaitu   kerahasiaan,    kesukarelaan,     dan   keputusan     diambil    oleh   klien
sendiri   (kemandirian)’.   Etika   dasar   ini  terkait   langsung   dengan   asas   konseling.
Asas ini juga berlaku pada layanan konsultasi. Ketiga asas ini diuraikan sebagai
berikut:
(1) Asas kerahasiaan
Seorang   konselor   diwajibkan   untuk   menjaga   kerahasiaan,   dengan   harapan
adanya   kepercayaan   dari   semua   pihak   maka   mereka   akan   memperoleh   manfaat
dari pelayanan BK. Oleh karena itu, Mugiarso (2004: 24) mengemukakan bahwa
”asas kerahasiaan merupakan asas kunci dalam usaha BK, dan harus benar-benar
dilaksanakan      dengan     penuh    tanggungjawab”.       Asas   kerahasiaan     pada    layanan
konsultasi   yang   dimaksudkan   adalah   menyangkut   jaminan   kerahasiaan   identitas
konsulti dan pihak ketiga, dan jaminan kerahasiaan terhadap permasalahan yang
dialami pihak ketiga.
(2) Asas kesukarelaan
Kesukarelaan       yang     dimaksudkan        pada    layanan     konsultasi     adalah
kesukarelaan dari konselor dan konsulti. Konselor secara suka dan rela membantu
konsulti   untuk   membantu   mengarahkan   bantuan   pemecahan   masalah   yang   akan
diberikan     kepada   pihak   ketiga.   Kesukarelaan     konsulti   yaitu  bersikap   sukarela
datang   sendiri   kepada   konselor,   dan   kemudian   terbuka   mengemukakan   hal-hal
yang     terkait  dengan    konsulti   sendiri   dan   pihak   ketiga   dengan     tujuan   agar
permasalahan yang dialami pihak ketiga segera terselesaikan.
(3) Asas kemandirian
”Pada     layanan    konsultasi,    konsulti    diharapkan     mencapai     tahap-tahap
kemandirian berikut: (1) memahami dan menerima diri sendiri secara positif dan
dinamis,   (2)   memahami   dan   menerima   lingkungan   secara   objektif,   positif   dan
dinamis, (3) mengambil keputusan secara positif dan tepat, (4) mengarahkan diri
sesuai   dengan   keputusan   yang   diambil,   (5)   mewujudkan   diri   sendiri”   (Prayitno,
2004: 8-9).
2.2.6.    Operasionalisasi Layanan Konsultasi BK
Layanan       konsultasi      merupakan        suatu     proses,     sehingga      dalam
pelaksanaannya        menempuh       tahap-tahap     tertentu.    Tahap-tahap      pelaksanaan
konsultasi   hendaklah   dilaksanakan   secara   tertib   dan   lengkap,   dari   perencanaan
sampai   dengan   penilaian   dan   tindak   lanjutnya.   Hal   ini   semua   untuk   menjamin
kesuksesan   layanan   secara   optimal.   Langkah-langkah   tersebut   menurut   Prayitno
(2004: 30-31) adalah sebagai berikut:
2.2.6.1.  Perencanaan
2.2.6.1.1.  Mengidentifikasi konsulti
2.2.6.1.2.  Mengatur pertemuan
2.2.6.1.3.  Menetapkan fasilitas layanan
2.2.6.1.4.  Menyiapkan kelengkapan administrasi
2.2.6.2.  Pelaksanaan
2.2.6.2.1.  Menerima konsulti
2.2.6.2.2.  Menyelenggarakan penstrukturan konsultasi
2.2.6.2.3.  Membahas       masalah    yang    dibawa    konsulti   berkenaan
dengan pihak ketiga
2.2.6.2.4.  Mendorong       dan    melatih    konsulti    untuk    :  mampu
menangani      masalah    yang    dialami    pihak   ketiga    dan
memanfaatkan sumber-sumber yang ada
2.2.6.2.5.  Membina      komitmen     konsulti  untuk   menangani     masalah
pihak ketiga dengan bahasa dan cara-cara konseling
2.2.6.2.6.  Melakukan penilaian segera
2.2.6.3.  Evaluasi
Melakukan     evaluasi   jangka  pendek    tentang  keterlaksanaan
hasil konsultasi.
2.2.6.4.  Analisis Hasil Evaluasi
Menafsirkan     hasil  evaluasi   dalam   kaitannya    dengan    diri
pihak ketiga dan konsultasi sendiri.
2.2.6.5.   Tindak Lanjut
Konsultasi    lanjutan  dengan    konsulti  untuk   membicarakan
hasil  evaluasi   serta  menentukan     arah  dan   kegiatan   lebih
lanjut.

Langkah-langkah layanan konsultasi dijelaskan sebagai berikut:
2.2.6.1.  Perencanaan
Langkah      awal   sebelum    pelaksanaan    layanan,   terlebih  dahulu    konselor
melakukan   perencanaan. Perencanaan dimaksudkan untuk mempermudah proses
pelaksanaan. Perencanaan layanan konsultasi meliputi:
2.2.6.1.1.  Mengidentifikasi konsulti
Layanan     konsultasi   melibatkan    pihak  yang   memiliki   keterkaitan   dengan
permasalahan yang dialami pihak ketiga/ konseli. Pihak terkait inilah yang disebut
konsulti. Pada pelayanan Bimbingan dan Konseling khususnya di sekolah, pihak
yang disebut sebagai konsulti adalah sesama konselor, guru bidang studi atau wali
kelas,    pejabat    struktural,   orang    tua   atau   saudara    dari   siswa,   dan    petugas
administrator.
Dalam      mengidentifikasi     konsulti,   tindakan    dari  seorang    konselor    adalah
mengenal   konsulti   dengan   maksud   memperoleh   data   yang   dibutuhkan   konselor.
Identifikasi   dapat   dilakukan   dengan   wawancara   dan  rapport.   ”Rapport   adalah
suatu   hubungan  (relationship)  yang   ditandai   dengan   keharmonisan,   kesesuaian,
kecocokan,      dan   saling   tarik  menarik”    (Willis,   2004:   46).   Untuk    menciptakan
rapport,     konselor    harus    memiliki    sikap    empati,    mampu      membaca      perilaku
nonverbal, bersikap akrab dan berniat memberikan bantuan tanpa pamrih.
2.2.6.1.2.    Mengatur pertemuan
Mengatur pertemuan atau melakukan kontrak yang artinya perjanjian antara
konselor dengan konsulti. Sebagaimana dalam pelaksanaan konseling perorangan,
terjadi   kesepakatan   kontrak   waktu   dan  tempat   pelaksanaan   layanan   konsultasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar